by

Walaupun Pandemi Covid-19, Pilkades Serentak di Kabupaten Bogor Tetap Berlangsung

Ade Yasin.net – Walaupun kondisi saat ini sedang pandemi Covid-19, akan tetapi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bogor tetap berjalan.

Sebanyak 88 desa dari 34 kecamatan siap mencari kandidat kades terbaiknya masing-masing, 15 November 2020 mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Ade Jaya Munadi mengatakan, penerapan protokol kesehatan yang ketat menjadi kewajiban. Tak heran, pelaksanaannya tentu akan berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Makanya, kita terbitkan surat edaran. Langkah-langkah awal ini kita sudah mulai menerapkan protokol kesehatan. Kita arahnya pilkades dengan metode tersebar bukan terpusat. Jadi, ada beberapa TPS (tempat pemungutan suara) yang terpisah,” katanya, Kamis (23/7/2020).

Apalagi, pelaksanaan pilkades juga wajib menerapkan standar protokol kesehatan yang memadai untuk mencegah penyebaran Covid-19 di tengah pandemi.

Sebanyak 88 desa yang menggelar pilkades itu merupakan gabungan dari 66 desa yang akan habis masa jabatannya tahun ini dan 22 desa yang baru berakhir pada Januari mendatang.

DPMD Kabupaten Bogor juga mulai menggodok panitia hingga tingkat keca matan mulai 26 Juli mendatang.

“Kami kasih waktu 15 hari untuk pembentukannya melalui musyawarah BPD,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin mengakui pelaksanaan pilkades serentak harus tetap mengikuti kebijakan pemkab selama masa pandemi.

“Tak boleh ada keramaian sebagai mana pelaksanaan sebelumnya. Mesti ada rumusan baru agar tetap memperhatikan protokol kesehatan,” tukasnya. (Andi).

Comment

News Feed