by

Jumlah Korban Longsor yang Direlokasi Masih Didata

BOGOR- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta warga terdampak longsor di Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, direlokasi. Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan pihaknya mendata rumah-rumah warga yang perlu direlokasi.

“Kita lihat dulu, diinvestigasi dulu. Berapa rumah yang direlokasi, yang kita perbaiki. Ya memang nanti ada penilaian sendiri,” kata Ade di gedung Sekretariat Daerah, Kompleks Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (10/1/2020).

Dia mengatakan relokasi bukan perkara mudah. Sebab selain harus mencari tempat yang aman, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor juga harus mampu meyakinkan warga agar mau pindah.

“Kan berat juga (warga) meninggalkan rumahnya, ini yang harus kita sosialisasikan dulu. Baru kita cari lokasi yang aman bagi mereka, gitu. Ketika keamanan terjamin, mereka mau (direlokasi),” ujarnya.

Seperti yang diketahui, Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Pemkab Bogor untuk merelokasi warga terdampak longsor di Sukajaya. Jokowi mengatakan, ada ratusan rumah yang terkena longsor di kawasan tersebut.

“Beberapa tadi saya sampaikan untuk masyarakat yang terkena longsor untuk mau direlokasi dipindahkan kurang lebih 2 kilometer dari situ. Ini nanti disiapkan dulu oleh Bupati Kabupaten Bogor nanti selesai akan langsung dipersiapkan oleh Kementerian PUPR untuk rumahnya,” kata Jokowi di Lebakgedong, Lebak, Banten, Selasa (7/1).

Comment

News Feed