by

UKM Kabupaten Bogor Mulai Go Public

BOGOR-

Dengan mengusung program Bogor Maju, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disper­dagin), Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DiskopUKM) dan Dinas Kominfo mencoba memaju­kan UMKM di Kabupaten Bogor, yang saat ini dinilai sulit bersaing dengan produk luar.

Bekerja sama dengan Kon­solidasiBisnis.id dalam ba­lutan Meet J Bgreat CEO, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bertekad menaikkan grade (kelas, red) UMKM di Bumi Tegar Beri­man menjadi Industri Kecil Menengah (IKM) atau pela­ku usaha korporasi.

”Sejauh ini kita mengalami kesulitan manajemen dalam mengelola para UMKM. Kita harapkan dengan ada­nya konsolidasi ini bisa membangun UMKM lebih baii lagi,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabu­paten Bogor, Ronny Suk­mana, dalam konferensi persnya di kantor Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), kemarin.

Ronny menyebut rencana pembinaan itu sangatlah membantu Pemkab Bogor, terlebih sesuai Pancakarsa yang diusung kepala daerah, di antaranya Karsa Bogor Membangun.

Dengan semangat program Million Ways yang di mana dilibatakan para anak muda calon wirausaha, Ronny mengatakan bahwa hal itu tidak bisa dibangun sendiri oleh pemerintah. Sebab, itu harus ada kombinasi dan kolaborasi yang dijalin.

”Karena tidak bisa dikelola dinasnya saja, maka kami sering kali menyerahkan pem­binaan generasi muda atau milenial ini kepada komuni­tas. Dan menurut kami, pem­binaan nanti menjadi kesem­patan bagi kami untuk lebih baik lagi,” ungkapnya.

Sementara berdasarkan data statistik dari Badan Statistik Nasional (BPN) dan Bappeda, pelaku usaha di Kabupaten Bogor saat ini berjumlah sekitar 700 ri­buan. Di mana usaha mikro 670 ribu, sedangkan usaha kecil tercatat 30 ribuan.

Di tempat yang sama, Ke­pala Disperdagin Kabupaten Bogor Nuradi mengatakan, tekad menaikkan grade atau menggeser pelaku usaha dari UMKM menjadi pelaku industri harus bisa diwujud­kan. ”Kami berharap pelaku UKM suatu saat bisa bergeser ke pelaku industri. Dari UM­KM naik grade menjadi UKM lalu ke korporasi,” ungkapnya.

Dalam rencana pembi­naan tersebut, Konsolidasi­Bisnis.id akan menghadirkan pengusaha muda Indonesia, Witjaksono, yang diklaim telah mampu memajukan banyak perusahaan bahkan berhasil meng-IPO-kan (Go-Public) dua perusahaan milik pribadinya.

”Kegiatan ini bertujuan mendorong semangat ber­wirausaha, memberikan ide-ide baru untuk mencip­takan produk unggulan, mendukung pelaku UKM berkembang menuju level korporasi hingga perusa­haan siap Go-Public,” jelas ketua pelaksana, Afri

Metropolitan.id

Comment

News Feed