by

Pedagang Bunga di Makam Pahlawan Cibinong Sepi Pembeli

BOGOR-Sejumlah pedagang kembang di sepanjang jalan Taman Makam Pahlawan, Cibinong, Kabupaten Bogor masih terlihat menjajakan dagangannya.

Memasuki hari kerja, pembeli kembang pun kian menurun drastis dari hari-hari sebelumnya.

“Kalau dua tiga hari ini agak menurun sekali, sepi yang beli kembang” terang seorang pedagang kembang, Nyailani (62) pada Selasa (11/06/2019).

Ia juga membandingkan, pembeli kembang saat hari lebaran sangat meningkat.

“Hari pertama lebaran itu pembeli kembang banyak, apalagi hari kedua dan ketiga, semakin ramai yang berdatangan beli kembang,” terang Nyailani.

Ia juga mengakui sepinya pembeli kembang turut berdampak bagi pedagang kembang lainnya.

Ini sudah tidak terlalu ramai yang jualan, pas lebaran kemarin itu sepanjang jalan ini banyak banget yang jualan kembang, ke sininya aja semakin sepi, karena tidak ada yang beli,” terang Nyailani.

Nyailani juga menyampaikan, sepinya pembeli kembang di banding saat hari lebaran turut berpengaruh pada hasil untung yang kian rendah.

“Tadi saya mulai jualan pukul 07.00 pagi, yang laku baru satu kantong, baru dapat Rp 10.000. Saat lebaran hari pertama saya dapat untung kotor itu sekitar Rp 1 juta, hari kedua dapat untung sekitar Rp 3 juta, lalu semakin menurun pada hari-hari selanjutnya,” terang Nyailani.

Ia juga menambahkan, meningkatnya pembeli kembang pada saat lebaran turut berpengaruh pada harga jual kembang yang semakin tinggi.

“Dana awalnya itu sekitar Rp 700.000, pas lebaran itu harga kembang satu ember saya beli Rp 60.000, lalu saya jual paling mahal Rp 40.000 per kantong plastik, ada juga yang dijual Rp 35.000. Kalau hari-hari biasa, paling mahal saya jual hanya Rp 30.000 saja,” pungkas Nyailani.

Sumber: Tribunnews Bogor

Comment

News Feed