by

12 Pejabat Pemkab Bogor Daftar Open Bidding

CIBINONG- Setelah sempat sepi pendaftar, akhirnya 12 pejabat setingkat eselon II sudah mendaftar lelang jabatan atau open bidding, kemarin.

Mereka berebut empat kursi kedinasan pada empat jabatan tertinggi di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tersebut.

Saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mulai sibuk dengan segala proses administrasi.

Sejalan dengan itu, Pemkab Bogor melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) masih menunggu calon peserta lain, yang belum mendaftar.

“Lalu proses berlanjut pada uji kompetensi manajerial pada 22 Juni. Setelah ada hasil, langsung diserahkan ketiga calon yang dianggap paling baik dan memenuhi syarat kepada bupati pada 24 Juli nanti,” terang Kepala BKPP Kabupaten Bogor, Dadang Irfan saat dihubungi, kemarin.

Prosesi pelantikan, tambah Dadang, nantinya menunggu instruksi lanjutan dari bupati. 12 orang yang mendaftar, terdiri dari camat, SKPD setingkat, dan beberapa pejabat fungsional.

“Ada camat dua orang, tapi belum bisa saya sebutkan secara detil. Sisanya dari SKPD dan pejabat fungsional. Dari 12 orang itu, masing-masing daftar untuk satu posisi. Belum ada yang mendaftar untuk dua posisi,” ungkapnya.

Dadang menjelaskan, untuk satu posisi kosong yang dilelangkan, kuota pendaftar bisa empat hingga lima orang. Namun, jika belum memenuhi kuota hingga 22 Juni, open bidding untuk posisi tersebut, bisa saja tak dilakukan. “Kalau kurang, belum bisa,” tegasnya.

Sementara untuk tim panitia seleksi terdiri dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB), Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dan internal Pemkab Bogor.

Jumlah anggota dalam tim diwajibkan ganjil. Hal itu sesuai dengan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara nomor 5 tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah (PP) 11 tahun 2017.

“Jadi setelah administrasi selesai, kemudian uji kompetensi dan uji keahlian. Baru muncul tiga nama untuk diserahkan ke bupati. Untuk tim pansel ada juga dari kita, yang berkompetensi untuk itu. Ketuanya pak Sekda,” terang Dadang.

Sekadar diketahui, empat posisi eselon II yang dilelang yakni kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), kepala Dinas Perhubungan (Dishub) dan kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB).

Sedangkan lima dinas lagi yakni untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial (Dinsos), staf ahli ekonomi dan bangunan, dirut RSUD Cibinong dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) masih menunggu giliran.

Comment

News Feed