by

Pemkab Bogor Gelar Operasi Pasar Murah Hingga Jelang Idul Fitri

BOGOR – Pemkab Bogor menggelar operasi pasar murah di 10 kecamatan, mulai hari Selasa (14/5/2019) hingga jelang Idul Fitri. Operasi pasar ini untuk menekan harga sembako.

Operasi pasar digelar di Cibinong, Gunungputri, Cileungsi, Dramaga, Leuwiliang, Ciawi, Cisarua, Cigombong dan Parung.

Bupati Ade Yasin yang hadir dalam operasi pasar Dinas Ketahanan Pangan (DKP) di Kantor Kelurahan Karadenan, Cibinong, mengakui jika program semacam ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Sangat dibutuhkan karena kebutuhan meningkat sementara dana terbatas. Dengan pasar murah ini masyarakat bisa berhemat dalam belanja,” kata Ade.

Dia berharap, dengan operasi pasar bisa menekan harga bahan pokok jelang lebaran dan terus stabil.

“Harapannya bisa stabil harga di pasaran,” katanya.

Sementara Kepala DKP Kabupaten Bogor, Soetrisno menjelaskan, melonjaknya harga bawang butih hingga diangka Rp65 ribu bahkan 80 ribu per kilogram belakangan ini, membuat DKP memprioritaskan komodoti ini dalam operasi pasar kali ini.

Menurutnya, bawang putih ini merupakan bawang putih impor dari Toko Tani Indonesia Center (TTIC) di Jakarta yang didatangkan oleh DKP, khusus untuk menstabilkan harga jual bawang putih di Bumi Tegar Beriman.

“Bawang putih harga jualnya Rp28 ribu per kilogram, jauh lebih murah dibanding pasar tradisional yang harga jualnya Rp65 ribu per kilogram,” ujar Soetrisno.

Selain bawang putih, dalam operasi pasar kali ini DKP juga menjual minyak goreng, beras medium, gula pasir, telur ayam, daging sapi, cabe dan bawang merah dengan harga dibawah harga pasar tradisional.

Beras medium didatangkan dari sentra petani dengan harga jual Rp42 ribu per 5 kilogram, gula pasir Rp11.500 per kilogram, minyak goreng Rp11.000 per liter.

Kemudian telur Rp22 ribu per kilogram, daging sapi Rp70 ribu per kilogram, cabe Rp10 ribu per kilogram dan bawang merah Rp22 ribu per kilogram.

“Untuk komoditi lain, stoknya tidak terbatas,” jelas Tris.

 

Sumber: Pojokbogor.com

Comment

News Feed