by

Jumlah Pemudik dari Jawa ke Sumatera Diprediksi Meningkat 300%

BOGOR- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi jumlah pemudik dari Pulau Jawa ke Sumatera akan meningkat. Peningkatan jumlah pemudik dikarenakan pengoperasian tol dari Bakauheni menuju Palembang.

“Kalau kita lihat bagaimana sih animo masyarakat menyeberang ini dari Jawa dan Sumatera. Kalau kita perhatikan, sekarang ini pasti akan terjadi lonjakan,” ujar Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi di Resto Bumbu Desa, Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (17/5/2019).

“Jalan tol itu menjadi salah satu hal yang menarik, orang yang tadinya tidak ingin nyebrang jadinya nyebrang. Jadi mungkin jumlah pemudik akan lebih tinggi dibandingkan tahun 2018,” imbuhnya.

Kemenhub juga sudah mengantisipasi kebiasaan pemudik yang menyeberang pada malam hari. Biasanya, sebut Budi, pemudik menyeberang pada pukul 24.00 WIB.

“Dan perilaku masyarakat menyeberang itu sebagian besar pukul 12 malam sampai pukul 7 pagi, itu banyak sekali. Bahkan pada saat jam itu, pada saat puncak arus mudik, itu kapasitasnya bisa beberapa kali lipat,” jelasnya.

Kemenhub sendiri memprediksi jumlah pemudik yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera akan meningkat hingga 300 persen. Kemenhub juga sudah mengantisipasinya.

“Kemarin dari kita bisa (prediksi) sekitar 200-300 persen akan meningkat. Sedangkan pada saat pagi sampai sore hari itu peningkatannya itu masih di bawah dari suplai yang ada. Jadi yang kita khawatirkan adalah pada saat pukul 12 malam sampai pukul 7 pagi tadi,” tutur Budi.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) sebelumnya memastikan ada beberapa ruas jalan tol yang akan difungsionalkan saat mudik Lebaran 2019 di Jawa dan Sumatera. Pemudik bisa melalui jalan tol ini dan difungsikan pada siang hari sampai pukul 17.00 WIB.

Untuk di Sumatera, ia mengatakan ruas Jalan Tol Terbangi Besar sampai Jakabaring di Palembang juga dipastikan akan difungsionalkan untuk mudik. Jalan tol ini merupakan lanjutan dari Bakauheni di Lampung ke Terbangi Besar. Namun, karena proses konstruksi masih terjadi, pemudik diperbolehkan menggunakan ruas ini pada siang hari.

SUMBER: Detik.com

Comment

News Feed