by

Fasilitas Puskesmas Tetap Buka saat Lebaran

BOGOR-Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bogor, Rubaeah mengatakan, bahwa seluruh Puskesmas di Kota Bogor tetap memberikan pelayanan saat libur Lebaran.

“Untuk libur lebaran dan cuti bersama semua puskesmas tetap memberikan pelayanan kecuali hari libur dan tanggal merah. Termasuk rawat inap yang beroperasi selama 24 jam tetap buka ga boleh tutup,” ujarnya belum lama ini.

Rubaeah mengatakan, pelayanan kesehatan dilaksanakan seperti biasa oleh para perawat dan dokter yang mendapat giliran piket setiap Puskesmas. “Kita juga sudah berkoordinasi dengan RSUD Kota Bogor yang juga siap melayani masyarakat selama libur lebaran,” katanya.

Ia juga menyampaikan, Dinas Kesehatan juga menyiagakan posko kesehatan mudik lebaran yang bergabung bersama pos PAM Operasi Ketupat Lodaya 2019 di Terminal Baranangsiang.

Posko kesehatan ini, lanjutnya, melayani para penumpang dan supir bus yang akan berangkat mudik Lebaran dari Terminal Baranangsiang. Karena itu, pihaknya bekerja sama dengan Polresta Bogor Kota untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kepada para supir bus yang membawa penumpang.

“Di posko kesehatan ini, akan ada satu orang dokter dan tenaga perawat yang akan bertugas bergiliran selama 16 hari penyelenggaraan Operasi Ketupat Lodaya 2019. Kita juga menyiapkan obat-obatan gratis bagi pemudik yang memeriksakan diri di posko kesehatan. Obat-obat yang disediakan berupa obat-obat kedaruratan dan obat mual. Karena rata-rata keluhan pemudik itu mual saat di perjalanan,” ungkapnya.

Rubaeah juga berpesan bagi masyarakat yang ingin mudik diimbau untuk menjaga kondisi fisik selama di perjalanan, lengkapi kesehatan diri dengan minum yang cukup, istirahat yang cukup, jika lelah jangan dipaksakan, harus istirahat. Upayakan melakukan olah raga ringan untuk meregangkan otot-otot yang kaku selama di perjalanan.

Comment

News Feed