by

Verifikasi Berkas Bacaleg, KPU Libatkan Tiga Lembaga

BOGOR – Pasca perbaikan administrasi Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor  akan melakukan verifikasi tahap II. Verifikasi tahap II akan dilakukan mulai tanggal 1 – 7 Agustus 2018 mendatang, dengan melibatkan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Pengadilan Negeri (PN) dan Dinas Pendidikan (Disdik).

 

Komisioner Divisi Hukum KPU Kota Bogor, Siti Natawati mengatakan, status dokumen Bacaleg pasca perbaikan yang lalu sudah dikasih tanda terima. Dari 16 partai politik (parpol) yang mendaftarkan ke KPU, hingga di masa perbaikan ada enam Bacaleg dari Partai PKPI yang tidak melengkapi berkas dan berstatus tidak memenuhi syarat (TMS). Lalu, tahapan selanjutnya tanggal 1 – 7 Agustus, verifikasi data perbaikan calon dengan melibatkan empat orang dari IDI, PN dan Disdik.

“Penyusunan penetapan DCS 8 – 12 Agustus 2018, saat ini masih mengerjakan verifikasi surat sehat jasmani, rohani, dan bebas narkoba,” ujar

 

Siti menegaskan,  verifikasi tahap  II, artinya dari masa perbaikan lalu sisi perbaikan dan keabsahan sudah memenuhi syarat. Namun masih ada beberapa berkas yang masih memberikan keraguan KPU Kota Bogor. Dan sesuai peraturan KPU memberikan waktu klarifikasi sampai 7 Agustus 2018 mendatang.

 

“Misal legalisir ijazah, kategori basah stempel dan tanda tangan dari satuan pendidikan yang mengeluarkan agak kurang jelas sehingga akan kami kroscek. Yang terbanyak ijazah. Verifikasi mulai kemarin sampai tanggal 7 Agustus,” katanya.

 

Hasil verifikasi, lanjutnya, kemudian akan menentukan bacaleg mana saja yang tidak memenuhi syarat dan dilakukan pencoretan. Yang dicoret tentu saja tidak akan diikutkan dalam pengusulan Daftar Calon Sementara (DCS) yang diumumkan tanggal 12 sampai 14 Agustus 2018 mendatang.

“Kami berharap hasil verifikasi perbaikan dapat diterima oleh semua pihak dan semua Bacaleg memenuhi syarat serta dapat ditetapkan dalam DCS,” pintanya.

 

Sementara itu, Bacaleg dari Partai Perindo, Ichsanudin mengaku, Partai Perindo sudah menyelesaikan tahap perbaikan 44  Bacaleg, yang meliputi lima dapil di Kota Bogor. Walaupun melakukan perbaikin di injury time, tetapi semuanya sudah lengkap tinggal menunggu DCS. “Kita tinggal menunggu DCS karena semua berkas sudah beres dan  di Pileg 2019, Partai Perindo Kota Bogor menargetkan bisa meraih enam kursi DPRD Kota Bogor,” tukasnya. (ads)

sumber : metropolitan.id

Comment

News Feed