by

Rommy : Orang yang Suka Menyalahkan, Belum Tamat Ngaji

Jakarta – Ketua Umum PPP, Romahurmuziy (Rommy), mengaku prihatin dengan aksi saling menyalahkan yang banyak dilakukan orang-orang. Menurutnya, banyak orang yang suka menyalahkan, lantaran mereka tak tamat belajar Agama.

“Orang yang suka menyalahkan pasti karena rampung (nggak selesai) ngajinya,” kata Romahurmuziy.

Dikatakan olehnya, mereka yang suka menyalahkan, karena hanya mendengar sekilas, sekali atau dua kali ikut ceramah, kemudian menyimpulkan sendiri. Jika orang belajar fiqih, kata Rommy, pasti bijaksana dalam mengambil kesimpulan hukum.

Ia mencontohkan, di Islam ada beberapa mazhab fiqih yang dipegang umat. Masing-masing mazhab bisa saja terdapat perbedaan, namun tidak saling menyalahkan.

“Orang tidak terpaku dalam satu kesimpulan dan menafikan bahkan menyalahkan kesimpulan lainnya. Perbedaan itu Sunnatullah,” ujarnya. Pengajian yang dipimpin Mbah Syarif Hidayatullah itu dibarengi pula dengan acara wayangan, yakni sebuah kombinasi budaya antara Islam dengan tradisi Jawa.

Cara itu pernah digunakan oleh Wali Songo ketika pertama kali membawa Islam ke Nusantara, terutama Sunan Kalijaga. Melalui wayangan, pesan-pesan dakwah lebih mudah diterima oleh masyarakat awam.

sumber : detikcom

Comment

News Feed