by

Tantangan Besar, Integ­ritas KPU dan Panwaslu

BOGOR – Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokra­si (Perludem) Titi Anggraini menilai bahwa ada tantangan besar di balik penyelengga­raan pilkada 2018 dan pilpres 2019. Beban ganda penyelenggaraan yang dilakukan serentak ini dapat mempertaruhkan integ­ritas KPU dan Panwaslu. Hal itu dikatakan Titi saat menjadi narasumber sosialisasi dan Focus Group Discussion (FGD) isu-isu strategis Undang-Undang Nomor 7/2007 tentang pemilihan umum di Hotel Hayati, Kota Bogor, baru baru ini.

Menurut Titi, tantangan pemilu 2019 san­gat besar karena tahapan pemilu tersebut beririsan dengan pilkada 2018. Sehingga, KPU dan Panwaslu akan disibukkan dengan seluruh tahapan yang seluruhnya dilakukan bersamaan. “Beban ganda penyelenggaraan dapat dibayangkan sebegitu besarnya. Contoh KPU Kota Bo­gor menyelenggarakan empat pemilihan umum sekaligus dari pilwalkot, pilgub, pileg hingga pilpres,” kata Titi.

Dengan demikian, sambung Titi, situasi tersebut menjadi tantangan apakah pe­nyelenggara pemilu bisa menjaga integ­ritas agar dapat melayani dengan optimal semua jenis pemilihan yang ada. “Harus dipastikan pemilih terdaftar dengan baik,” ingatnya.

sumber : metropolitan.id

Comment

News Feed